Dalam kunjungan ke dokter, setiap perawatan yang Anda peroleh memiliki kodenya sendiri di mata perusahaan asuransi kesehatan. Pengkodean ini merupakan bagian penting dalam proses penagihan. Jika kode yang terdapat di tagihan Anda tidak tepa, pihak asuransi kesehatan bisa menolak klaim Anda. Ini adalah tanggung jawab dokter Anda untuk memberikan penagihan dengan sistem kode yang benar.
1. Mintalah salinan detail dari tagihan medis Anda.
2. Cek kembali setiap pelayanan yang tertera di tagihan tersebut. Kode penagihan medis biasanya tercantum di setiap prosedur dan item yang ditagihkan
3. Temukan arti dan penjelasan dari setiap kode prosedur medis. Tanyakan pada dokter Anda atau pihak adiminitrasi rumah sakit.
4. Verifikasi dengan dokter atau perawat Anda bila ada kode yang tidak tepat. Kode medis bisa berubah sewaktu-sewaktu, dengan memverifikasinya, Anda pun membuat si perawat memperbarui pengetahuannya dengan kode-kode terbaru. Jika Anda merasa tagihan rumah sakit sangat tinggi, konfirmasi ulang pada pihak rumah sakit.
5. Pahami bahawa ada pengkodean yang berbeda di setiap kunjungan ke dokter. Jika pihak asuransi kesehatan tidak membayar tagihan Anda di tingkatan yang tepat, hubungi pihak rumah sakit. Informasikan kepada mereka mengenai masalah penagihan dan tanyakan pada mereka apakah pengkodean dari mereka sudah tepat, sehingga Anda bisa mendapat pembayaran full untuk klaim asuransi Anda. Jika tidak ada jalan keluar juga, sebaiknya berkoordinasi dengan pihak asuransi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar