Kamis, 24 Mei 2012

Rambut Rontok di Usia 30

Usia Anda baru genap 30 tahun, tapi sudah mengalami rambut rontok yang mengkhawatirkan Anda. Anda bertanya-tanya apa yang terjadi? Rambut memiliki siklus sendiri. Artinya akan ada masa di mana rambut berusia tua akan melepas dirinya. Kondisi ini disebut rambut rontok, untuk kemudian akan tumbuh rambut penggantinya. Siklus ini biasanya terjadi dalam jangka waktu 6 – 12 bulan, dan Anda normalnya hanya akan kehilangan 100 helai rambut dalam sehari. Tapi bila yang terjadi adalah Anda kehilangan ribuan rambut, kemungkinan besar stress atau siksaan fisik dan emosi menjadi penyebabnya.


rambut rontok


Kemungkinan penyebab rambut rontok yang lainya adalah peningkatan hormon pria atau kesensitifan tidak biasa pada folicel rambut pada jumlah normal hormon pria.
Wanita pun menghasilkan hormone pria dalam jumlah tertentu. Hal ini berhubungan dengan fase pertumbuhan rambut yang singkat, sehingga rambut lebih cepat rontok ketimbang tumbuhnya kembali. Masalah ini sebagian dipengaruhi hormone, yang pada kasus tertentu bisa dievaluasi melalui tes darah, atau bisa juga faktor genetik. Tapi bagi perempuan berusia 30 dan hendak memiliki bayi, alias tengah hamil, kasus rambut rontok bisa juga terjadi. Ini tidak lepas dari pengaruh hormo sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan, karena setelah fase kehamilan selesai dan aktivitas hormon kembali seimbang, rambut rontok akan berhenti dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar