Rabu, 22 Februari 2012

Fungsi Program MLM

Program MLM – Dalam multi level marketing (MLM), keanggotaan dan informasi kompensasi bisa menjadi rumit dan sibuk tanpah akhir. Karena itu program MLM harus cocok dengan kondisi perusahaan MLM, saat sekarang dan kebutuhan di masa yang akan datang.
Fungsi program  MLM sangat berperan besar untuk membuat pekerjaan seorang bagian keuangan lebih terkontrol. Berikut kelebihan program MLM.

Database keanggotaan
Program MLM harus bisa merekam silsilah keanggotaan, bagaimana distributor terhubung satu sama lain melalui anggota yang sebagai sponsor. Hubungan macam ini memiliki banyak level, atau generasi. Dengan informasi setiap anggota yang detail, program MLM harus mendukung jutaan data.

Komunikasi
Program MLM memungkinkan sistem komunikasi yang rumit sekalipun. Informasi beranjak dari perusahaan ke anggota, dan sebaliknya. Hal yang bisa dilakukan, seperti mengirim atau menerima order, promosi, dan berita terbaru.

Memproses customer
Perusahaan berdasar produk membutuhkan database yang mendata dan menjelaskan produk dan jasa mereka, termasuk biaya dan komisi. Beberapa perusahaan hanya punya satu atau dua sementara ada yang sampai ratusan produk.

Komisi
Semakin banyak penjual di grup Anda akan menjadi kunci sukses perusahaan MLM. Distributor menghasilkan pendapatan yang bisa berasal dari banyak pintu, artinya dari banyak penjual mereka, yang mana perusahaan punya kewajiban untuk memberi mereka komisi. Program MLM mampu mencatat komisu, memroses cek dan laporan yang detail.


Kebutuhan perusahaan
Manajemen perusahaan  juga membutuhkan ringkasan bagaimana dan di mana bisnis mengalami kemajuan, kondisi keuangan, inventori, penjualan dan status keanggotaan. Jika perusahaan melakukan ekspansi ke luar negeri, program MLM juga bisa melakukan pengaturan pencatatan keuangan.

Kesimpulannya, perusahaan MLM memilki sistem keanggotaan berjenjang dan cukup rumit. Karena itu program MLM akan sangat menolong agar perusahaan MLM mampu memiliki pencatatan aktivitas perusahaan yang baik, terutama yang berhubungan dengan keuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar