Belanja online - Kesuksesan
website ecommerce tidak terlepas dari prinsip-prinsip bisnis retail dasar. Jadi
ada baiknya pelajari apa yang membuat sebuah bisnis retailer sukses, baru
terapkan ke versi online. Dari situs ehow.com, saya menuliskan kembali
aturan-aturan untuk mencapai pengunjung website ecommerce Anda agar melakukan
belanja online.
4. Retailer tradisional berusaha membuat kustomernya aman
saat berada di dalam toko.
Hal serupa perlu Anda lakukan juga di belanja online. Keamanan
adalah perhatian utama bagi calon pembelanja potensial. Anda harus bekerja keras untuk hal yang
satu ini, karena Anda harus mengurus dua hal yaitu realita dan persepsi terhadap
prose’s kartu kredit secara online.
Faktanya adalah pada situs yang diamankan (https://),
memberkan informasi personal, seperti nomor kartu kredit tidak terlalu bahaya
ketimbang menggunakan kartu kredit di dunia nyata. Risiko menggesek kartu
kredit adalah ada orang yang bisa mengintip nomor kartu atau kartu kreditnya terjatuh
tanpa sepengetahuan dia.
Untuk page pembayaran pada website ecommerce Anda harus terdapat
SSL (Secure Socket Layering). Anda harus memberitahukan kepada calon kustomer
Anda, bahwa system pembayaran online di website aman.
5. Retailer tradisional mempermudah pembayaran oleh kustomer.
Ada staff khusus yang mengurus pembayaran, apapun metode pembayarannya.
Banyak e-commerce membuat belanja online seolah sulit. Ada
situs komersial yang meminta kustomernya untuk mengisi formulir dengan banyak
permintaan informasi, mengklik link khusus yang dikirimkan ke email, dan
sebagainya. Hal ini merepotkan. Ingat prinsip orang belanja online adalah
efisiensi waktu dan kesimpelan. Agar system pembayaran tidak rumit, Anda bisa
menggunakan system pembayaran online.
6. Retailer tradisional selalu menyampaikan ucapan “Terima
kasih; sampai bertemu lagi..” atau kalimat penutup yang bersifat persuasif pada
kustomernya.
Hal yang sama juga perlu dilakukan di website ecommerce.
Walau ini berupa pesan pop up atau text line yang muncul sesaat sesudah
kustomer bertransaksi. Bisa juga berupa email ucapan terima kasih dan
mengundang, yang dikirim personal ke kustomer Anda.
Menjaring pembeli potensial untuk melakukan belanja online
bisa menjadi tantagan yang menarik, bila web ecommerce Anda mampu memperlakukan
kustomernya seperti Anda ment-treat kustomer di toko sebenarnya. Bila itu
berhasil Anda lakukan, bagi kustomer, belanja online di web ecommerce menjadi
hal yang menyenangkan. Dan bukan tidak mungkin Anda mendapatkan promosi gratis
melalui kustomer yang belanja online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar