Minggu, 08 Januari 2012

Manga dan Jenis-Jenisnya


Manga anime atau anime manga? Mau dibolak-balik, keduanya tetaplah dua hal yang berbeda. Menurut wikipedia, anime adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Sementara manga merupakan kata dalam bahasa Jepang. Perbedaan mendasar antara sebutan manga dan komik adalah pembedaan pengelompokan, di mana manga lebih terfokus kepada komik-komik Jepang, dan komik lebih kepada komik-komik buatan Eropa atau negara-negara Barat.  
Tapi di sini cuma akan membahas manga dan jenis-jenisnya, sesuai dengan judul di atas. 

Kehebatan manga, selain pada cerita dan visual yang mudah dimengerti, adalah selalu ada untuk setiap tingkatan usia. Bila di sini komik lebih banyak menargetkan usia anak-anak. Karena itu, setiap sebutan jenis untuk manga akan dilihat dari target pembacanya. Apa saja jenis manga yang beredar di pasaran? Ini dia..
1. Shonen
Manga yang menyasar pada remaja laki-laki sebutannya Shonen.
2. Seinen
Untuk pembaca laki-laki yang dewasa, disebut manga Seinen. Biasanya cerita yang disampaikan lebih berat. Salah satu judul Seinen yang tersohor adalah Akira.
3. Shojo
Bagi gadis remaja, punya manga sendiri yang mereka sebut Shojo. Namanya juga cerita untuk remaja perempuan, biasanya tema Shojo lebih banyak seputar drama percintaan, dengan bermacam kemasan. Contohnya Sailormoon.
4. Josei
Manga yang menargetkan perempuan dewasa sebagai pembacanya merupakan pengertian Josei.
5. Kodomo
Untuk pembaca anak-anak, ada Kodomo yang biasanya mengusung cerita bertema moral. Contohnya Doraemon.
Dari semua jenis manga di atas, sudah bisa tebak dong, kalau serial Sinchan itu, dilihat dari konten ceritanya, masuk kategori apa. Yang pasti bukan Kodomo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar